Selasa, 24 Maret 2009

BONSAI IBARAT WANITA



Membuat bonsai caranya cukup gampang, kuncinya adalah “sabar”. Yang perlu diperhatikan adalah mempersiapkan dulu tanaman-tanaman yang akan dibentuk, seperti :
Cemara udang, asam, beringin, santigi, dsb. Sangat baik kalau pebonsai memperlakukan tanaman dari sejak awal (masih berupa tunas) dan ditempatkan dalam pot kira-kira pada umur 1 tahun.
Tanah yang digunakan dalam pot berupa oplosan antara pasir dan dan pupuk kadang dengan perbandingan 3 : 1.
Sebelum menjadi liar, bibit itu dibentuk krangkanya dulu, umpama batang utama dan sejumlah cabang utama dikelok-kelokkan dengan menggunakan kawat aluminium.
Cabang-cabang yang tidak terpelihara dibuang saja/ dipotong.
Dan sisanya dibiarkan saja terbentuk mengikuti alur dari kawat yang sudah dibentuk sampai kira-kira tanaman berumur 2-3 tahun.

Setelah berumur 2-3tahun, tanaman bisa dipindahkan lagi ke dalam pot yang lebih besar.
Daun-daun bisa dipangkas semua dan ranting-ranting yang jelek dan tidak sehat bisa dipotong.
Pada pot ke dua ini seni dari tanaman bonsai yang sebenarnya, karena merupakan basic untuk membentuk pondasi dari alur tanaman. Kawat aluminium sudah bisa di bentuk lagi sampai menjadi seperti bentuk tanaman yang diharapkan.
Setelah satu tahun, tanaman sudah bisa dipindahkan ke dalam pot yang permanen, yang bentuknya bagus yang terbuat dari keramik atau tanah liat. Karena keindahan tanaman bisa menjadi kurang kalau tidak didukung sama bentuk pot yang ideal.
Media yang digunakan dalam pot permanen ini adalah : pasir dan dan pupuk kadang dengan perbandingan 3 : 1.
Supaya batangnya jadi kecil, caranya cukup gampang yakni daun-daun harus sering dipangkas total. Karena dengan cara ini, daun2 yang dihasilkan berikutnya akan tumbuh dengan ukuran yang kecil-kecil. Penggundulan dilakukan 1 tahun dua kali dalam pot permanen yang sudah tidak dipindah-pindah lagi.
Langkah ini dilakukan terus menerus selama bonsai masih hidup.
Selain dengan cara penggundulan, juga dilakukan penyemprotan pupuk organic seperti super ACL atau Nasa setiap 2 minggu sekali dengan dosis 2 cc per litter air.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar